Minggu, 11 September 2011

KEUNIKAN DAN MANFAAT BUAH TAMAN WISATA MEKARSARI

Mekarsari sebagai tempat pusat pelestarian plasma nutfah memiliki jenis buah yang unik dan bermanfaat.  Salah satu jenis buah yang unik tersebut adalah Melon.  Melon yang ditanam di area Greenhouse Taman Wisata Mekarsari adalah Bibit Melon yang berasal dari Vietnam.  Keunikan Melon di Taman Wisata Mekarsari ini dapat dilihat dari beberapa indikator.  Keunikan pertama, Buah Melon di Taman Wisata Mekarsari ditanam secara hidroponik atau tidak menggunakan media tanah.  Kedua, Melon ditanam dengan wadah polybag dan setiap polybag hanya ditanam dua pohon.



Keunikan yang ketiga, setiap satu tanaman hanya terdapat satu Buah Melon yang tumbuh dan akan dipanen. Keunikan Melon di Taman Wisata Mekarsari bukan itu saja tetapi buah Melon di Mekarsari memiliki bentuk-bentuk yang berbeda dengan melon biasanya.  Bentuk Buah Melon yang terdapat di Mekarsari diantaranya bentuk LOVE, KOTAK, SEGITIGA dan LONJONG. Buah Melon tersebut dapat terbentuk karena pada saat Melon mulai berbuah, cetakan Segitiga, Love dan Kotak  langsung dipasang pada Buah Melon tersebut sehingga ketika tumbuh besar, buah akan mengikuti cetakan yang dipasang.


Selain buah yang unik, di Taman Wisata Mekarsari juga terdapat beberapa jenis buah yang bermanfaat bagi kesehatan seperti Abiu untuk obat cacing, meringankan batuk dan bronchitis, Buah Sirsak yang dapat menyembuhkan Kanker dengan memanfaatkan daunnya.  Pada daun sirsak diketahui mengandung zat annonaceous acetogenins yang mampu 10.000 kali lebih kuat membunuh sel-sel kanker daripada zat adriamycin, yang biasa dipakai dalam pengobatan kemoterapi. Zat acetogenins dapat membunuh aneka jenis kanker seperti kanker usus, prostat, paru-paru, payudara dan pankreas tanpa merusak atau mengganggu sel-sel tubuh yang sehat. Hal ini telah diteliti di Laboratorium Health Sciences Institute, Amerika Serikat di bawah pengawasan The National Cancer Institute, Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar