Selasa, 23 Agustus 2011

Buah Langka di Taman Wisata Mekarsari (Part 1)

Taman Wisata Mekarsari yang merupakan salah satu tempat pelestarian plasma nutfah yang memiliki lebih 100.000 tanaman yang terdiri dari 1.463 varietas, 362 spesies yang termasuk ke dalam 78 family.  Dari sekian banyak tanaman yang terdapat di Taman Wisata Mekarsari (TWM), terdapat pula jenis-jenis tanaman buah yang dikategorikan langka.  Beberapa tanaman Buah langka yang terdapat di TWM diantaranya adalah Kluwek, Bisbul, Mundu, Lontar.
Kluwek adalah salah satu tanaman khas dari Indonesia. Biji Kluwek yang telah direbus dan direndam terlebih dahulu biasanya dipakai sebagai bumbu dapur masakan Indonesia yang memberi warna hitam pada Rawon.



Siwalan atau yang dikenal dengan nama Lontar merupakan flora identitas Provinsi Sulawesi Selatan. Berbagai manfaat tanaman lontar diantaranya daun kering dipakai untuk anyaman dan musik sasando, bunga dan buahnya dapat disadap untuk diminum langsung sebagai legen (nira), difermentasi menjadi tuak ataupun diolah menjadi gula siwalan, akarnya bermanfaat untuk melancarkan air seni dan obat cacing.


Mundu adalah Tanaman Asli Indonesia (Jawa dan Kalimantan).  Buahnya dapat dimakan segar dengan citrarasa manis-segar.  Buah ini dapat digunakan untuk mengobati penderita gangguan empedu dan pencahar.  Serbuk Biji Mundu juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit gondok dan sariawan.

Bisbul berasal dari Filipina, di Indonesia jenis buah ini banyak dijumpai di wilayah Bogor, Jawa Barat.  Ciri khas yang paling unik adalah warna merah dan berbulu halus seperti beludru.  Manfaat Tanaman ini yaitu untuk memperbaiki saluran pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar